Saturday 8 February 2014

5 Cara Untuk Mencari Uang Lewat Blog Buat Nambah Uang Jajan

Bisnis online memang sedang mewabah sekarang ini. Gimana nggak, bisnis online pada kenyataannya memang lebih mudah dijalankan ketimbang bisnis offline, karena kita nggak perlu modal yang besar untuk memulainya. Bahkan ada yang tanpa modal sama sekali.

Mungkin kamu pernah dengar cerita orang-orang tentang kesuksesannya mencari uang lewat blog. Mereka bisa dapet jutaan, bahkan puluhan juta per bulan cuma dari 1 blog. Kamu tentu bertanya-tanya, sebetulnya gimana sih cara untuk mencari uang lewat blog?

Membuat blog adalah cara yang paling banyak dilakukan orang-orang yang mencoba mencari uang lewat internet. Karena untuk membuat blog memang tidak perlu modal kalau kalian menggunakan platform Blogspot. Kalau mau invest sedikit, kamu bisa beli domain dan hosting, terus buat blog Wordpress karena platform yang 1 ini lebih gampang buat dikustomisasi sesuai keinginan. Tapi dari semuanya, yang paling penting adalah usaha untuk memahami ilmu-ilmu tentang blogging dan terutama SEO (Search Engine Optimization).

Apa yang pertama kali harus dilakukan untuk mencari uang lewat blog?

Jelas, jawabannya ya membuat blog, dan mempelajari ilmu-ilmunya. Tapi gue tekankan, kalau kalian memang benar-benar ingin cari uang lewat blog, jangan mudah nyerah. Karena memang buat blog yang bisa diuangkan itu ga semudah yang kita kira.

Blog seperti apa yang bisa menghasilkan uang?

Semua blog berpotensi benghasilkan uang, baik blog pribadi, blog umum yang biasanya berisi informasi, maupun blog jualan, asalkan blog itu ada pengunjungnya. Yang membedakan cuma bagaimana cara meng-uang-kannya.

Bagaimana cara mencari uang lewat suatu blog?

Cara untuk mencari uang lewat blog:

  • Iklan
    Disini kalian akan menyediakan slot iklan untuk diisi oleh advertiser. Program pengiklanan yang paling sering dipakai adalah Google Adsense karena hasilnya memang relatif lebih besar dibandingkan program pengiklanan lainnya. 
  • Afiliasi
    Afiliasi adalah cara yang cukup gampang buat dilakukan. Kalian hanya perlu memajang produk orang lain dan linknya dalam blog kalian, dan mendapatkan keuntungan beberapa persen dari setiap produk yang terjual. Program afiliasi yang paling banyak diikuti blogger adalah Amazon dan Clickbank.
  • Toko Online
    Cara ini bisa dilakukan kalau kalian mempunyai produk yang bisa dijual, atau setidaknya kalian menjadi dropshipper dari produk orang lain.
  • Lomba Menulis Artikel
    Kalau kalian jago menulis artikel, mungkin cara ini bisa jadi cara yang cocok untuk menghasilkan uang dari blog. Ada banyak perusahaan yang mengadakan lomba tulis artikel dan hadiahnya pun cukup lumayan. Biasanya kalian akan diberi suatu topik untuk dibuat artikel, dan pemenangnya akan dipilih berdasarkan kualitas artikel tersebut.
  • Kontes SEO
    Kontes SEO hampir mirip dengan lomba artikel, tapi pemenangnya dipilih berdasarkan siapa yang lebih tinggi rankingnya di Google. Cara ini memang tergolong cukup sulit, terutama bagi pemula yang masih awam dengan optimasi mesin pencari.
Oke, secara garis besar itulah cara-cara untuk mencari uang via blog. Nanti gue akan buat artikel yang ngejelasin masing-masing poinnya. Kalau ada pertanyaan, silakan tinggalkan di kotak komentar ya. Good luck!